Visi, Misi, Tujuan, Sasaran & Strategi Program Studi
Visi
Menjadi program studi yang unggul, terkemuka dan professional untuk menghasilkan lulusan teknik elektro di bidang sistem kendali jarak jauh yang relevan dengan kebutuhan industri, infrastruktur dan masyarakat di Indonesia, serta berwawasan global
pada Tahun 2024.
Misi
- Menghasilkan lulusan yang menguasai dalam bidang Teknik Elektro, khususnya pada bidang penerapan Teknik listrik dan sistem kendali jarak jauh.
- Menyelenggarakan pendidikan Teknik Elektro yang unggul dan terkemuka dengan menerapkan Kurikulum terkini
- Menerapkan sistem manajemen pendidikan dan dalam pengelolaan program kegiatan yang menyangkut Tridharma perguruan tinggi.
- Mengembangkan IPTEK dan teknologi tepat guna yang inovatif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industri di bidang Teknik Elektro
- Mengembangkan suasana akademik yang dapat menumbuhkan kreatifitas dan inovasi dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi.
Tujuan
- Memiliki moral, kualitas dan integritas, kedisiplinan, tanggung jawab dan profesionalisme dengan kompetensi dan daya saing yang tinggi.
- Menguasai dasar-dasar keteknikan, mengaplikasikan pengetahuan dan keahliannya dalam berbagai lini keprofesian Teknik Elektro, khususnya dalam bidang teknik listrik dan sistem kendali jarak jauh.
- Memiliki sifat kepemimpinan, berkomunikasi secara efektif, bekerja dalam tim, kreatif dan inovatif, beradaptasi dan mengembangkan diri di lingkungan kariernya serta mampu belajar sepanjang hayat.
- Berkontribusi menurut keahliannya pada industri, badan profesional dan masyarakat dan memiliki jiwa kewirausahaan yang mampu menciptakan serta mengisi lapangan kerja dalam bidang Teknik Elektro.
Sasaran
- Lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh pengguna dengan kriteria sebagai berikut:
- Lulusan bekerja sesuai dengan kompetensi di bidangnya
- Lama masa studi sesuai dengan desain kurikulum
- Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh pengguna
- Lulusan yang siap berkerja di industri, birokrasi atau sebagai peneliti muda maupun enterpreuner
- Lulusan telah memiliki sertifikat kompetensi/pelatihan/seminar/sesuai dengan bidangnya
- Keberhasilan dalam penerapan kurikulum terkini dengan kriteria sebagai berikut:
- Tercapainya Capaian Pembelajaran Mata Kuliah pada setiap Mata Kuliah yang ada
- Mata Kuliah yang diajarkan telah disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran Lulusan
- Capaian Pembelajaran Lulusan sesuai dengan Profil Lulusan yang dihasilkan
- Terciptanya sistem manajemen pendidikan yang mampu mengelola program kegiatan terkait Tridharma perguruan tinggi:
- Ketersediaan infrastruktur yang mendukung
- Penelitian dosen dan mahasiswa yang terintegrasi melalui Sistem Informasi Riset (SIRIS) dan laboratorium yang menunjang Pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa yang terintegrasi melalui Sistem Informasi Pengabdian Masyarakat (SIDIMAS) dan memiliki kerjasama mitra, baik dalam maupun luar negeri
- Peningkatan kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat dengan mitra baik dalam negeri maupun luar negeri
- Peningkatan jumlah judul dan dana dalam kegiatan penelitian ataupun pengabdian
- Peningkatan jumlah publikasi ilmiah, paten dan HAKI dosen dan mahasiswaMeningkatnya peneltian dan pengabdian masyarakat baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
- Terbentuknya suasana akademik yang dapat menumbuhkan kreatifitas dan inovasi dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi
- Peningkatan sinergi antara dosen, mahasiswa dan staf kependidikan
- Meningkatnya jumlah keikutsertaan dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian, pengabdian dan Program Kreatifitas Mahasiswa
- Meningkatnya kegiatan pertemuan ilmiah dan pelatihan untuk dosen, mahasiswa dan staf kependidikan
Strategi
- Strategi dalam menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan:
- Pengembangan dan penerapan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri, perkembangan IPTEK dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri dan profesional.
- Meningkatkan pelayanan mahasiswa dengan cara memiliki standar dan prosedur dalam melakukan kegiatan akademik, Kerja Praktik dan Tugas Akhir.
- Meningkatkan mutu pembelajaran agar mahasiswa memiliki IPK sesuai yang dipersyaratkan pengguna.
- Pengembangan pelatihan soft skill mahasiswa melalui program pelatihan manajemen, kepemimpinan, penulisan artikel dan karya ilmiah, serta pembekalan materi kewirausahaan.
- Peningkatan kompetensi mahasiswa melalui kegiatan Sertifkasi komptensi LSP-P1, pelatihan seminar.
- Strategi keberhasilan dalam penerapan kurikulum terkini:
- Meningkatkan kualitas isi kurikulum
- Penyesuaian materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pengguna
- Melakukan monitoring dan evaluasi kurikulum
- Strategi pengelolaan sistem manajemen pendidikan dalam kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi:
- Peningkatan sarana dan prasarana yang mendukung sistem pembelajaran seperti laboratorium dan fasilitas penunjang lainnya.
- Peningkatan pengelolaan penelitian dosen dan mahasiswa melalui Sistem Informasi Riset (SIRIS) serta pengembangan fasilitas laboratorium.
- Peningkatan pengelolaan pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa melalui Sistem Informasi Pengabdian Masyarakat (SIDIMAS) serta sarana dan prasarana lainnya.
- Strategi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas peneltian dan pengabdian masyarakat:
- Menjalin kerjasama dengan mitra baik dalam negeri maupun luar negri.
- Menyelenggarakan workshop hibah penelitian dan pengabdian masyarakat.
- Menyelenggarakan workshop penulisan publikasi ilmiah dan sosialisasi terkait paten dan HAKI.
- Strategi terbentuknya suasana akademik yang dapat menumbuhkan kreatifitas dan inovasi:
- Menyelenggarakan kegiatan studi ekskursi/kunjungan industri dan Focus Group Discussion (FGD).
- Memiliki group riset dan mengadakan soslialisasi terkait pembuatan proposal penelitian, pengabdian masyarakat dan Program Kreatifitas Mahasiswa.
- Mengadakan kegiatan pelatihan, pertemuan ilmiah, seminar dan kuliah tamu secara berkala.